Selasa, 21 Maret 2017

Komponen pada Motherboar Laptop/Netbook

KOMPONEN PADA MOTHERBOARD LAPTOP/NETBOOK






Nama, Pengertian, dan Fungsi tiap-tiap Komponen Motherboard yang terdapat pada Laptop / Notebook


Pengertian Motherboard


Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).



Fungsi Motherboard

Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.


Berikut ini komponen-komponen motherboard pada laptop atau notebook :


Audio Codec





AUDIO adalah Suara/bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda.Agar dapat tertangkap telinga manusia, getaran tersebut harus cukup kuat yaitu minimal 20 kali per detik. Jika kurang dari jumlah itu, telinga manusia tidak akan mendengarnya sebagai suatu bunyi. Banyaknya getaran suatu benda diukur dengan satuan cycles per second atau cps. Pengukuran ini juga dikenal dengan sebutan Hertz (disingkat Hz).Daya tangkap pendengaran manusia secara teoritis adalah mulai dari 20Hz sampai 20 kHz. Sebuah Audio codec digunakan untuk compress atau decompress file audio digital yang berfungsi sebagai media untuk dimainkan pada pemutar musik seperti windows media player, real player, dsb. Kebutuhan codec ini akan timbul saat player kita tidak dapat memainkan sebuah file audio yang memerlukan codec tertentu untuk memainkannya. Windows Media Player 11 mampu memainkan hampir seluruh type file audio dan juga telah mendukung jenis audio codec yang lain. Beberapa jenis audio codec antara lain adalah Apple Lossless, MPEG-4 ALS, Direct Stream Transfer DST, FLAC, LA Lossless Audio, Monkey’s Audio APE, RealAudio Lossless, Windows Media Audio 9 Lossless, dsb. Codec adalah sebuah perangkat yang mampu melakukan encoding dan decoding sebuah signal digital.Yang dimaksud signal digital tersebut adala sinyal digital audio seperti mp3, wav, wma dan acc, sedangkan signal digital video seperti mp4, 3gp, avi dan masih banyak lagi Codec adalah istilah dari singkatan “compression/decompression”, atau bisa juga “compressor/decompressor” atau juga “code/decode”. dimana fungsinya adalah untuk mengkompress dan mengekstrak file video.
Seperti kita ketahui standard video adalah Mpg, Mpeg, dan AVI dengan Ukuran filenya sangat besar, Untuk merubah ukurannya menjadi kecil agar dapat diputar di hp dilakukan sistem pengompresan yang kita kenal file vide hasil kompresan adalah 3Gp, Mpg4, fly, dll. suatu saat agar dapat dikembalikan ke format Mpg, avi harus melakukan proses decomress.
Selain digunakan untuk media player, codec juga dibutuhkan bagi orang yang ingin mengedit audio maupun video, karena aplikasi  editing audio maupun video tidak menyertakan codec untuk format audio maupun video lainnya, sehingga anda perlu menginstall codec agar dapat mengedit audio dan video tersebut.
Ada banyak software codec yang dapat anda download di Internet, disini akan ditampilkan beberapa kodek yang lengkap dan yang sering digunakan orang, dan dengan kodek ini saya rasa cukup untuk kebutuhan player dan editing audio serta video anda.
Beberapa codec tersebut antara lain :
Dengan codec ini anda dapat memainkan atau memutar beberapa format musik atau video dalam sebuah player.
Dengan Codec ini anda dapat memuter berbagai jenis format video pada video player seperti Microsoft Media Player, Mpg Player, dll.
Codec Pack ini digunakan untuk orang-orang yang suka mengedit video, dimana bila aplikasi video mereka tidak mendukung salah satu format video dan audio, maka dengan diinstallnya codec ini maka aplikasi editing tersebut dapat mengedit format video maupun audio

       USB OTG

 USB OTG adalah kependekan dari USB On The Go yang artinya adalah sebuah fitur pada smartphone yang berfungsi untuk mentransfer data dari smartphone android ke media penyimpanan atau bisa juga dikatakan sebagai konektor antara perangkat android dengan perangkat lain via usb. Contohnya Flashdisk, mouse, bahkan keyboard pun dapat terkoneksi secara langsung dengan android. Sehingga file file yang terdapat di dalam smartphone dapat dengan mudah ditransfer dan disimpan ke dalam media lain, bisa berupa file foto/gambar, musik, video, arsip, dll. Selain itu bagi embedded system developer, USB OTG pun bisa juga berfungsi sebagai media komunikasi data dengan board mikrokontroler, misalnya board arduino.
Fungsi USB OTG
Dengan menggunakan USB OTG, kamu bisa mentransfer data secara langsung dari flash disk (flash drive) ke Android kamu dengan sangat mudah. Selain itu, kamu juga bisa memainkan game di Android dengan menggunakan joystick gamepad.

      Headphone


headphone lebih sering dipasangkan dengan perangkat mobile seperti handphone, smartphone, tablet bahkan MP3/MP4 player. Di negara-negara barat bahkan asia timur nampaknya sedang booming menggunakan headphone, mendengarkan musik pun kini semakin menyenangkan dengan hadirnya berbagai design dan warna yang menarik.

       Microphone

Microphone atau Mikrofon merupakan komponen penting dalam perangkat Elektronik seperti alat bantu pendengaran, perekam suara, penyiaran Radio maupun alat komunikasi lainnya seperti Handphone, Telepon, Interkom, Walkie Talkie serta Home Entertainment seperti Karaoke. 
Microphone atau sering ditulis mikropon adalah suatu alat yang dapat mengubah getaran suara menjadi getaran listrik. Microphone merupakan salah satu sumber pokok dan merupakan input studio rekaman (studio produksi). Karena sangat peka dalam menerima getaran suara, peletakan microphone memerlukan pengaturan yang khusus agar suarasuara yang tidak diperlukan tidak ikut masuk menggetarkan membrane mikropon. Media penghantar getaran listriknya merambat melalui kabel. 
Fungsi Microphone (mikrofon) adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik sinyal Analog untuk selanjutnya diperkuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan, pengolahan berikutnya dengan Power Amplifier dari suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras


       USB  A
USB atau singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan perangkat serial penghubung komputer yang bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan tambahan lainnya. Karena sifatnya yang Universal bisa digunakan untuk menghubungkan peralatan tambahan apa saja maka dinamakan dengan Universal Serial Bus.
USB Tipe A
USB tipe ini menjadi tipe yang paling sering kamu temui sehari-hari. Hal ini karena USB tipe ini digunakan di berbagai perangkat PC yang kamu gunakan, seperti USB extender, USB Hub, USB Flashdrive, USB Modem, dan banyak lagi. USB ini menjadi standar USB yang digunakan pada perangkat PC saat ini. USB tipe-A kini telah sampai pada versi 3.0 yang menjanjikan transfer data yang cepat. Meski demikian, sampai sekarang USB 2.0 adalah USB yang paling banyak digunakan dan ditemui karena telah menjadi standar bagi perangkat komputer.
        LCD Power Supply
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4mgviZHt6vRN7-JlEeWvcLWK6npxgmzQQ_MI-CUR-P8Yb3RdwplzrFnp_H1W0THyS_vGe1_cLJtZ2wSqTU_shObyOvoWM3qt6yLo0xLa9kE1eV_-1ae_goC67Z7nFu54sy8LCu_f_rnY/s1600/%252814%2529lcd+pwr+suply.pngDalam LCD memantau power supply, kapasitor sesekali akan pergi buruk. Hal ini menyebabkan mereka bocor dan menonjol keluar dan catu daya tidak akan mampu memberikan kekuatan untuk monitor, menyebabkan ia bahkan tidak menyala. Jadi ya, ini cukup masalah jika Anda ingin monitor untuk bekerja.
Power-suply LCD layar besar umumnya seperti terlihat pada contoh blok diagram dibawah. Terdiri dari 3 bagian utama, yaitu : 
  1. PFC (Power Factor Correction) - NCP1606, FET, Tranfo PFC, Diode, Elko besar 450v
  2. Power suply utama - NCP1392, 2 buah FET & Tranfo switching
  3. Power suply stand-by – NCP1351, FET & Tranfo switching
eMMC
eMMC adalah kepanjangan dari Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip. Teknologi eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun, maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU lagi.


Accelerometer
 Accelerometer adalah sebuah tranduser yang berfungsi untuk mengukur percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran, ataupun untuk  mengukur percepatan akibat gravitasi bumi. Accelerometer juga dapat digunakan untuk mengukur getaran yang terjadi pada kendaraan, bangunan, mesin, dan juga bisa digunakan untuk mengukur getaran yang terjadi di dalam bumi, getaran mesin, jarak yang dinamis, dan kecepatan dengan ataupun tanpa pengaruh gravitasi bumi.
fungsinya untuk mengubah tampilan layar dari posisi landscape menjadi potrait ataupun sebaliknya, sehingga tampilan menu dan aplikasi yang ada di smartphone akan menyesuaikan posisi dari smartphone.salah satu contoh yang sering menggunakan sensor ini adalah aplikasi game, misal game dalam balapan mobil sehingga kita cukup memiringkan smartphone saat belok ke kanan atau ke kiri.

     +1.2V Power Supply
Uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v.
IC jenis Adjustable Voltage Regulator adalah jenis IC Pengatur Tegangan DC yang memiliki range Tegangan Output tertentu sehingga dapat disesuaikan kebutuhan Rangkaiannya. IC Adjustable Voltage Regulator ini juga memiliki 2 jenis yaitu  Positive Adjustable Voltage Regulator dan Negative Adjustable Voltage Regulator. Contoh IC jenis Positive Adjustable Voltage Regulator diantaranya adalah LM317 yang memiliki range atau rentang tegangan dari 1.2 Volt DC sampai pada 37 Volt DC. Sedangkan contoh IC jenis Negative Adjustable Voltage Regulator adalah LM337 yang memiliki Range atau Jangkauan Tegangan yang sama dengan LM317. Pada dasarnya desain, konstruksi dan cara kerja pada kedua jenis IC Adjustable Voltage Regulator adalah sama. Yang membedakannya adalah Polaritas pada Output Tegangan DC-nya.
Power supply variable simetris ini dibangun untuk keperluan tegangan output yang variable. Tegangan Input 220VAC pada bagian primer trafo diturunkan menjadi lebih rendah pada bagian sekunder trafo, yaitu antara 6V, 7,5V, 9V, 12V, 15V, 18V, 20V, 25V dan 32V yang umum ada dipasaran. Tegangan sekunder dari trafo atau tegangan input power supply bisa dipilih tergantung dari kebutuhan tegangan output DC, dengan catatan tegangan tersebut harus lebih besar dari output DC maksimal, umpama tegangan DC yang diinginkan 30V, maka memilih trafo dengan tegangan sekunder diatas itu, misal 32VAC atau lebih.

        Speaker
 Setiap laptop mempunyai bagian untuk menampilkan suara. Pada kebanyakan laptop papan audio juga tahu sebagai papan suara terintegrasi ke dalam motherboard. Dengan kata lain, merupakan bagian dari motherboard dan tidak dapat dibuka atau diganti secara terpisah. 
fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri.

        Camera 
 Camera pada komponen ini berfungsi untuk mengambil gambar .Kebanyakan Laptop/tablet yang paling baru dilengkapi dengan kamera web built-in yang juga dikenal sebagai webcam. Kamera web terletak di bagian atas panel layar. Beberapa orang berpikir kamera web adalah bagian dari layar LCD tapi sebenarnya tidak. Kamera web adalah modul terpisah yang dipasang di dalam panel tampilan di atas layar LCD. 
Webcam bekerja seperti halya sebuah kamera digital hanya saja webcam ini di desain untuk computer jadi tidak bisa di bawa ke mana-mana dan jauh lebih simple di banding kamera-kamera pada umumnya.

        +5V  Power Supply
 Komponen yang digunakan pada power supply 5 volt tersebut di atas adalah sebagai berikut :
Untuk port video page tegangan diatas 5V
1.            Trafo Step Down
2.            Dioda Bridge (Kumprok) | bisa juga menggunakan 4 buah dioda biasa
3.            Kapasitor 1000 uF | Semakin besar nilai semakin bagus
4.            Resistor 4,7 Kohm
5.            Transistor 3904 | bisa juga transistor yang lain sesuai kebutuhan
                     6.            Dioda Zener 5 Volt
Bila anda ingin mendapatkan tegangan supply yang lebih besar dari 5 volt maka anda tinggal mengganti dioda zener tersebut sesuai kebutuhan dan menggunakan tegangan ac keluarran trafo yang sedikit lebih besar. Misalnya untuk menggunakan dioda zener 9 volt anda bisa menggunakan tegangan ac 12 volt.
        USB OTG Charger
USB OTG memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru .

Singkatnya, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet anda bisa melakukan kegiatan layaknya USB pada laptop atau PC Desktop yang dapat di colokin flashdisk.
Jadi secara lebih singkat dengan USB OTG sebuah ponsel pintar android dapat membaca data dari sebuah flashdisk atau ponsel androidnya dapat di colokin flashdisk layaknya PC tentu dengan bantuan kabel USB OTG.
berfungsi sebagai media perantara atau penyambung flashdisk ke hp Android, tentu saja perangkat Android kamu sudah mendukung fungsi USB OTG ini. 


 + 3.3V Power Supply
Untuk port video page tegangan diatas 3.3V ,Catatan : mengukur tegangan power supply dengan menggunakan Multimeter ini dengan asumsi bahwa anda sudah menguasai cara mengukur tegangan dengan Multimeter.
Tegangan dari konektor power utama (20 pin ATX atau 24 pin BTX) juga dapat diukur untuk memastikan outputnya. Perhatikan saja titik plus dan minus (ground) untuk pengukuran tersebut.
Hasil output yang didapat pada multimeter mungkin tidak persis atau mutlak 3.3/5/12 volt. Tegangan ini dapat bertoleransi turun-naik sekitar 5 %, misalnya 5.1 Volt, 11.8 Volt dan sebagainya. Namun bila jaraknya terlalu jauh, bisa dikatakan output dari PSU tersebut sudah tidak stabil dan dapat menyebabkan PC bermasalah, seperti cepat panas atau tidak stabil.
Toleransi Tegangan
Tegangan 3.3 Volt ————>Batas Atas:3.4 Volt …………Batas Bawah : 3.2 Volt
Mengukur 3.3V:
1. Siap Multimeter dengan mengikuti instruksi di atas.
2. Masukan memimpin Merah ke dalam loop kawat seperti yang ditunjukkan.
3. Tegangan 3.3V nyata akan muncul pada multimeter. 



     RTC battery
Setiap komputer laptop memiliki baterai CMOS juga dikenal sebagai RTC baterai. Baterai CMOS terhubung langsung ke sistem board laptop dan membantu untuk mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utama dikeluarkan. Baterai CMOS dapat diisi ulang dan proses isi ulang ini terjadi pada saat laptop dicolokkan ke listrik. Baterai CMOS dipasaran ada dalam berbagai bentuk ukuran.
Fungsi utama baterai CMOS adalah untuk mensuplai tenaga bagi BIOS untuk melakukan settingan terhadap sebuah mainboard. Perlu Anda ketahui, BIOS merupakan sebuah aplikasi bawaan dari mainboard untuk dapat melakukan pengontrolan dan pendeteksian terhadap komponen-komponen lain yg terhubung ke mainboard (hardware lain). Melalui BIOS, Anda dapat melakukan pengaturan terhadap kinerja serta fungsi-fungsi sebuah mainboard. BIOS memiliki chipset tersendiri dalam sebuah mainbord, dgn ukuran yg cukup kecil (sekitar 1cm). Didekat chipset BIOS itulah terletak baterai CMOS. Selain fungsi utama tersebut, BIOS memiliki fungsi untuk pengaturan waktu (jam dan tanggal) dikomputer Anda. Pada BIOS Anda dapat melakukan pengaturan seperti konfigurasi BOOT Device, Video Share, CPU Speed, dan lainnya.
       Blacklight Power Supply

Backlight power supply diatur oleh Backlight Brightness register (8-bit). hanya atas 4 bit dari register ini digunakan – lebih rendah 12 bit tidak terdefinisi, dan harus diabaikan. Backlight Brightness register digunakan untuk mengatur siklus untuk power supply itu sendiri. Sebuah nilai 00H sesuai dengan siklus tugas dari 0% (sepenuhnya off), sedangkan nilai dari 0Fh sesuai dengan siklus tugas dari 100%. nilai interim dapat digunakan untuk mengatur tingkat tertentu.

        
       WLAN

Adalah untuk menjangkau wilayah LAN yang sulit dicapai dengan kabel tembaga biasa (copper wire), juga untuk menjangkau pengguna bergerak (mobile-users). Ada empat komponen utama dalam membangun jaringan WLAN ini. Berfungsi untuk memasukkan kabel WLAN +3.3V pada motherboard.
Wireless LAN atau WLAN adalah sebuah sistem komunikasi data yang fleksibel yang dapat diaplikasikan sebagai alternatif pengganti dari LAN kabel. Cara kerja dari wireless lan ini yaitu dengan menganti kabel lan dengan mengunakan gelombang elektromagnetik menggunakan frekuensi radio atau inframerah. WLAN mempunyai dua entitas yaitu klien dan access point. Klien dilengkapi dengan media frekuensi radio untuk berkomunikasi dengan perangkat lainya. Dan access point merupakat router seperti jadringan pada kabel LAN. 

Fungsi Wireless Card pada laptop yaitu menghubungkan laptop pada jaringan tanpa menggunakan kabel, selain itu wireless juga dapat menerima sinyal dari penrangkat lain agar laptop dapat terhubung ke jaringan komputer atau jaringan internet.

Wireless tidak memerlukan kabel sebagai media perantaranya, akan tetatpi untuk kualitas dari stabilitas data yang masuk lebih bagus jaringan kabel dari pada menggunakan jaringan wireless.

Selain itu Wireless pada laptop biasanya memiliki jangkauan yang terbatas, sehingga jika jarak laptop dengan perangkat lain yang memancarkan sinyal maka laptop tersebut juga tidak bisa terhubung ker jaringan.


        RAM 
Sebuah memori laptop/tablet yang juga dikenal sebagai RAM (Random-access memory) adalah penyimpanan data sementara. Ketika Anda mematikan laptop, semua informasi yang tersimpan dalam sebuah modul RAM akan hilang. Lebih banyak Memori yang diinstal ke laptop akan memberi Anda kinerja (lebih cepat) lebih baik. Anda dapat menguji memori laptop dengan alat diagnostik gratis yang disebut Memtest86+. Jenis memori yang digunakan dalam komputer laptop disebut SO-DIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module). Fungsi dari Ram adalah untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara


     +1.5V Power Supply
 Cara kerjanya.
-. Ketika menghubungkan Baterai Ke masukan pin 2, Yang mungkin menjadi salat Satu Baterai (tegangan 1,1 volt -1.5) atau 2 buah (tekanan 2,3-3 volt) . PADA sirkuit tegangan rendah dimulai INI sirkuit tegangan rendah dimulai, umpan Balik tegangan Bias untuk transistor Dalam, sirkuit Terpadu. INI berarti bahwa hubungan Pendek, L1 terhubung Ke pin 6 Ke Tanah, sehingga terjadi penumpukan energi Dalam, bentuk medan magnet FUNDS SAAT inisial di L1 MENINGKAT sampai par value maksimumnya sekitar 1 amp.
-. IC sirkuit internal yang Akan ulang SENDIRI Akibatnya, transistor berhenti (Rangkaian Terbuka), sehingga tidak ADA Arus, medan magnet Dalam, kumparan L1 Akan Runtuh. Induksi Arus Yang mengalir Ke PADA pin 6, menyebabkan peningkatan tekanan Dalam, IC menjadi 9 volt keluar Ke pin 8 (output pin)


      System On Chip

Dunia saat ini memang jauh berbeda dengan tahun 90-an. Perkembangan teknologi perangkat mobile kian pesat. Salah satu komponen penting yang menopang perkembangan itu adalah System on Chip.

Dalam bahasa sederhana, SoC bisa dibilang sebagai otak dari tablet atau ponsel pintar yang Anda gunakan. Seperti otak manusia yang terdiri-dari beberapa bagian dengan fungsi berbeda-beda, SoC juga memiliki bagian tersendiri, yaitu prosesor, blok memori seperti RAM dan ROM, chipset grafis, modem serta berbagai komponen lain yang mengatur pemrosesan data. 
chipset pada vidio card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor.
Sedangkan chipset pada madherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada madherboard  berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari cpu (processor) menuju kartu grafis (vidio card) atau ke sistem memory ( ram), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O.
pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai 'polisi lalu lintas' pengatur aliran data pada madherboard di sebuah PC( personal komputer) .




       USB ULPI I/F

 Prinsip kerja USB ULPI (Universal Serial Bus)
Bus itu sendiri memiliki koneksi yang biasa disebut koneksi “host/slave“, yang artinya PC yang mengelola semua transfer dan periferal hanya dapat meresponnya. Sebuah pengontrol host USB pada PC–biasanya terintegrasi pada chipset motherboard generasi terbaru–mengatur semua pengiriman dan penerimaan data antara PC dan perangkat eksternal. Sebuah kabel berisi empat buah kawat menghubungkan periferal ke PC melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani transmisi data, sebuah lagi menangani ground dan sebuah lagi memasok daya sebesar lima volt ke periferal.
Transfer data pada USB dikirim dalam bentuk paket, sementara port paralel dan serial mentransfernya dalam bentuk bit individual. Sebagai contoh, bila Anda ingin menyimpan sebuah file pada sebuah drive Zip USB, pertama-tama PC akan memotong-motong file tersebut menjadi potongan-potongan sebesar 64-byte–setiap potongan menyertakan informasi pengalamatan dan data itu sendiri–dan kemudian mengirimkan potongan tersebut ke port USB.




      VCORE Power Supply


Tegangan core CPU (VCore) adalah tegangan listrik dipasok ke CPU (yang merupakan rangkaian digital), GPU, atau perangkat lain yang mengandung inti pengolahan. Jumlah daya CPU menggunakan, dan dengan demikian jumlah panas itu menghilang, adalah produk dari tegangan ini dan saat ini ia menarik. Di CPU modern, yang dibuat menggunakan CMOS, saat ini hampir sebanding dengan kecepatan clock, CPU menggambar hampir tidak ada saat ini.
 Fungsi VCORE power supply
1.    Sebagai alat charger 
         Solusi : 
Setting voltage power supply sesuai dengan voltage out put TC ( Travel Charger ).
Colokkan kabel TC power supply pada hand phone
2.    Sebagai alat kejut batrei
         Solusi : 
Setting voltage power supply ke 12V kemudian matikan.
Colokkan kabel ( + ) PS pada ( + ) batrei, kabel ( - ) PS pada ( - ) batrei.
Hidupkan power supply, maka proses pengejutan batrei berlangsung dan tunggu sampai turun dua setrip
3.    Sebagai pengganti tegangan voltage 
    Untuk menganalisa kerusakan hand phone melalui test point diperlukan tegangan batrei. Sebagai pengganti tegangan batrei tersebut kita bias menggunakan power supply. 
         Solusi : 
Jumper parallel mesin / PCB bagian ( BSI, Btem dan - ) dan beri kabel sebagai tempat colokan pada Vbatt.
Setting voltage power supply sesuai tegangan batrei. Matikan dan colokkan kabel merah pada ( + ) dan hitam pada ( - )
Hidupkan power supply dan tekan switch on/off hand phone
4.    Sebagai analisa kerusakan hend phone
Pada posisi hand phone normal, apabila kita uji menggunakan power supply maka tegangan yang dihasilkan akan menunjukkan nilai tegangan yang naik turun antara 0,15 sampai dengan 0,2 


       +1.8V Power Supply
 Dalam sebuah ponsel agar bisa hidup, ada beberapa tegangan kerja yang HARUS dan MUTLAK terpenuhi. Sebagai contoh Tegangan Kerja Ponsel yaitu VIO. Tegangan VIO mempunyai tegangan sebesar 1,8 dan tegangan sebesar 1,8 volt tersebut Harus dan Mutlak terpenuhi .seiring meingkatnya kompleksitas dan kecepatan memproses data bertambah cepat, tak dapat dielakan sebuah konsikuensi bahwa supply voltage akan turun dari 5V ke 3.3V, atau bahkan 1.8V untuk sebuah perangkat yang masuk kategori high density atau mempunyai jumlah rangkaian transistor yang sangat banyak. Sebuah tantangan ketika ada beberapa rangkaian yang masih beroperasi pada 5V. Ini berarti, sebagai seorang designer harus mencari akal agar dapat mengghubungkan kinerja antara perangkat dengan level kerja 3.3V dan 5V. Selanjutnya, tidak hanya mengubah voltase untuk voltase logika digital saja, akan tetapi memberi tegangan supply pada system 3.3V dan mengubah signal analog dari 3.3V/5V.
      +3.3VSUS Power Supply
Cara kerja +3.3VSUS Power Supply Untuk port video page tegangan diatas 3.3V
sering disebut dengan power good, dimana jika sobat tekan tombol power pada casing komputer maka power supply akan mengecek semua komponen hardware komputer apakah semua sudah normal atau belum (sebelum system start). Jika semua sudah siap maka power supply akan mengirim sinyal kepada motherboard.

         Battery Charger
adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengisi battery dengan tegangan konstan hingga mencapai tegangan yang ditentukan. Bila level tegangan yang ditentukan itu telah tercapai, maka arus pengisian akan turun secara otomatis sesuai dengan settingan dan menahan arus pengisian hingga menjadi lebih lambat sehingga indikator menyala menandakan battery telah terisi penuh. port untuk mencharge battery. Setiap komputer laptop memiliki baterai yang memberikan catu daya ke laptop ketika tidak tersambung ke steker-melalui AC/DC power adaptor. Baterai laptop ada dalam berbagai bentuk dan spesifikasi model. Daya tahan baterai laptop tergantung pada berbagai kondisi dan keadaan misalnya: pengaturan kecerahan layar, intensitas program berjalan, suhu lingkungan kerja, dll. 


       DC Input 
Power supply pada Laptop adalah sebuah perangkat yang bertujuan untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah. Selain itu power suply juga bertugas untuk mengubah listrik AC menjadi AC agar dapat digunakan oleh laptop. Walaupun laptop dapat digunakan dengan power suply langsung tanpa baterei, namun sebenarnya fungsi utama power suply adalah untuk charge baterei laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar